• Berita HP

google maps offline

Kesasar di sebuah kampung lantaran tidak adanya koneksi internet dan gagal mengakses Google Maps? Hal ini bukan lagi jadi alasan.  Meskipun Anda offline,  Android masih bisa mengakses Google Maps yang memungkinkan Anda menyimpan peta ke ponsel Anda.

Benar sekali, kini Anda dapat melihat Google maps bahkan ketika tidak ada koneksi internet. Keseluruhan fitur dari Google maps yang lain tentu tidak bisa Anda lihat, termasuk informasi rute, alamat, navigasi, lalu lintas, dan sejumlah data lain yang membutuhkan koneksi internet. Namun, memiliki data peta untuk referensi mungkin akan cukup membantu.

Berikut cara menggunakan fitur Google maps pada Android secara offline tanpa koneksi internet.

Apa yang dibutuhkan untuk menggunakan Google Maps secara offline tanpa Koneksi Internet?

Pengguna Android, pastikan untuk update ke Google Maps versi 8 atau lebih sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara menyimpan peta offline

1. Pada tahap ini pengguna harus terkoneksi internet. Pertama kali masuk ke akun Google Anda untuk menggunakan fitur ini.

2. Cari lokasi tujuan. Pada tahap ini pengguna masih harus terkoneksi internet. Jika di rumah atau di kantor tersedia akses Wi-Fi, pengguna bisa lebih menghemat pemakaian data sebelum kemudian beranjak ke tempat sasaran.

3. Pada titik ini, Anda dapat memperbesar atau memperkecil, dan memindahkan peta, untuk memilih area yang ingin Anda simpan. Segala sesuatu yang ada di layar akan didownload, jadi jika Anda zoom out untuk menyelamatkan seluruh wilayah Delhi, misalnya, maka nanti dapat memperbesar untuk melihat daerah masing-masing dan jalan-jalan.

4. Setelah Anda memilih daerah, tekan tombol Download di bagian bawah layar. Sebuah kotak dialog muncul dan Anda akan diminta untuk memasukkan nama untuk peta. Cukup masukkan nama dan tekan Save.

5. Mengakses peta offline mudah. Hanya tekan icon ‘orang’ yang terletak di sebelah ikon arah pada bar pencarian. Ini akan membawa Anda ke profil Anda. Gulir ke bawah untuk melihat peta yang tersimpan. Anda dapat mengubah nama peta dalam kasus Anda berencana untuk menyimpan lebih dari satu disimpan.

Ada keterbatasan tertentu untuk menyimpan peta offline. Anda akan melihat error yang mengatakan bahwa area peta tidak dapat disimpan karena terlalu besar jika lokasi terlalu besar. Kami mampu menyimpan hampir semua kawasan surabaya, tetapi Google Maps menganggap daerah “terlalu besar” ketika kita mencoba untuk menyelamatkan Kawasan JAWA.

Keterbatasan lain adalah bahwa data peta yang tersedia hanya untuk 30 hari. Anda harus men-download peta lagi setelah ini.